Terapi Akupunktur – Pengobatan Kuno yang Sangat Bermanfaat

Gambar Titik-titik untuk Terapi Akupunktur dari Dinasti MingPernahkah anda membayangkan kalau anda akan ditusuk oleh lusinan jarum? Mungkin bayangan inilah yang sering muncul dalam benak anda saat mendengar kata terapi akupunktur. Memang, teknik pengobatan dengan terapi akupunktur seringkali dicurigai bahkan dianggap sebagai sesuatu yang menyeramkan.

Tetapi sebenarnya, terapi untuk menyembuhkan penyakit dari Cina ini relatif tidak sakit dan membantu mengurangi atau menyembuhkan berbagai penyakit yang ada pada banyak orang.

Jika digunakan dengan tepat, teknik penyembuhan dengan terapi akupunktur dapat membantu mengontrol berbagai macam kondisi kesehatan termasuk sakit kronis dan kelelahan.

Bagaimana Terapi Akupunktur dengan Jarum Ini Bekerja?

Para ahli pengobatan dari Cina percaya pada aliran energi. Energi ini disebut Chi yang mengelilingi tubuh dalam jalur yang disebut jalur meridian. Jalur meridian ini mengalir pada tubuh dekat dengan permukaan kulit pada area tertentu dan dapat diakses dengan menggunakan jarum.

Sama seperti jalur air dalam pipa, aliran energi ini dapat terhalang ataupun mengalir tidak dengan semestinya. Penusukan dengan jarum akupunktur bermaksud agar energi ini dapat kembali lancar dan tidak terhalang, serta berjalan dengan semestinya.

Memang kedengarannya seperti alasan yang dibuat-buat dan tidak logis, tetapi penelitian saintifik menunjukkan bahwa terapi akupunktur memang berkhasiat menyembuhkan. Walaupun belum ada penjelasan ilmiah tentang cara kerja akupunktur, tetapi beredar teori bahwa terapi akupunktur menyebabkan efek neurokimia pada otak, modulasi gelombang syaraf dengan tulang belakang, serta perubahan pada jaringan konektif mikroskopis.

Apa Resiko dan Efek Samping dari Akupunktur?

Benarkah Terapi Akupunktur Tidak Memiliki Efek Samping?

Pengobatan dengan cara-cara yang belum memiliki standar ilmiah bukanlah sesuatu yang baru. Penisilin dan aspirin telah digunakan berpuluh-puluh tahun karena memiliki efek yang positif tanpa diketahui dengan pasti cara kerjanya.

Hasil adalah segalanya, dan terapi akupunktur memberikan hasil yang positif. Namun, untuk meminimalisir resiko perlu dipastikan bahwa teknik akupunktur yang digunakan harus aman.

Seperti pengobatan dengan cara-cara yang lain, terapi akupunktur mungkin saja memiliki efek samping. Obat-obatan memiliki resiko efek samping dan reaksi alergi, sedangkan pembedahan memiliki resiko infeksi dan komplikasi. Untuk terapi akupunktur dengan jarum terdapat resiko luka, infeksi (walau jarang), pendarahan kecil, pembengkakan kecil, serta pusing-pusing.

Anda dapat meminimalisir resiko akupunktur dengan memilih akupunkturis yang berlisensi.  Kebanyakan negara sudah memiliki aturan baku untuk pengobatan akupunktur ini.

Tata Cara Pengobatan dengan Akupunktur

Pada awalnya sang akupunkturis akan melakukan inspeksi terhadap sejarah medis anda dan memeriksa kondisi anda saat ini. Beberapa titik akan diraba oleh sang akupunkturis, dan cara pengobatan pun dirumuskan.

Pada prakteknya, kebanyakan pengobatan akupunktur memiliki sepuluh hingga dua puluh sesi pengobatan, dimana pada tiap sesinya membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 90 menit.

Jarum-jarum akan ditusukkan secara hati-hati pada titik-titik tertentu yang akan berguna untuk mengobati sakit dan dibiarkan beberapa lama. Kebanyakan pasien akan merasakan sensasi halus pada tempat yang ditusuk jarum tersebut, tetapi bukan rasa sakit yang sebenarnya.

Setiap sesi terapi akupunktur selesai, anda mungkin akan merasa lelah dan ingin istirahat. Sebagian yang lain mungkin merasa energinya bertambah.

Efek dari terapi akupunktur akan berbeda untuk tiap orang. Pada beberapa kasus mungkin saja pasien langsung merasa penyakitnya mereda. Sedangkan bagi sebagian yang lain mungkin membutuhkan beberapa kali sesi terapi akupunktur sebelum merasakan khasiatnya ataupun perubahan yang signifikan. Terus beri tahu perkembangan yang terjadi pada akupunkturis anda untuk memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai dengan yang seharusnya.

Anda tidak perlu takut lagi terhadap jarum. Terapi akupunktur adalah pengobatan yang telah teruji khasiatnya sepanjang sejarah. Namun cara pengobatan seperti ini digunakan untuk melengkapi terapi medis yang sudah ada dan bukan untuk menggantikan pengobatan ataupun terapi medis yang biasa.

Aplikasi dari pengobatan dengan terapi akupunktur yang dahulu digunakan oleh bangsa Cina untuk orang-orang terpilih, kini dapat dirasakan oleh penderita-penderita penyakit di seluruh dunia.

About rowyna
Saya adalah orang yang menyenangi bahasan tentang kesehatan. Saya memang bukan dokter melainkan hanya seseorang yang ingin berbagi. Semoga tulisan-tulisan saya dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih :)

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You might also likeclose