Manfaat Daging Kelinci untuk Kesehatan

Daging Kelinci yang sedang DipackingArtikel ini merupakan rangkuman dari berbagai macam sumber artikel. Artikel-artikel tersebut disatukan menjadi sebuah artikel berikut ini. Artikel ini juga hampir sama dengan artikel yang saya tulis di Kaskus yang menjual daging kelinci.

Sebagian manfaat daging kelinci berikut hanyalah mitos (kepercayaan, tanpa penelitian saintifik, tetapi ada testimonial-testimonial yang mengatakan bahwa mitos tersebut memang terbukti), sedangkan sebagian yang lain adalah hasil penelitian. Mengenai mitos ini, anda boleh percaya boleh tidak. Tetapi pendapat pribadi saya, percaya saja jika mitos tersebut memang bermanfaat. Kadang apa yang kita percaya bisa memiliki manfaat yang baik sama baiknya dengan pengobatan itu sendiri.

Binatang ini menggemaskan, kecil, biasa digambarkan dengan bulu yang putih dan telinga yang panjang. Kelinci, atau Oryctolagus cuniculus dalam penamaan Latin, memiliki daging yang lezat dan bermanfaat besar untuk kesehatan. Mari kita lihat lebih jauh.

Nutrisi dalam Daging Kelinci

Manfaat Daging Kelinci - Kolesterol Rendah

Tingkat kolesterol yang terkandung di dalam daging kelinci tergolong rendah jika dibandingkan dengan hewan yang lain misalkan babi, ayam, kalkun, dan sapi. Kolesterol yang terkandung di dalam daging kelinci sekitar 164 mg per 1000 g daging. Daging sapi, babi, domba, dan ayam memiliki kadar kolesterol di antara 220-250 mg per 1000 g daging.

persen lemak daging-dagingan

Lemak yang dikandung daging kelinci juga lebih rendah jika dibandingkan dengan daging-dagingan yang lain. Lemak daging kelinci sekitar 10.2% sedangkan ayam mengandung 11% lemak, daging sapi mengandung 28% lemak, domba mengandung  27.7% lemak, dan babi mengandung 45% lemak.

perbandingan persen protein

Perbandingan Kalori

Protein dalam daging kelinci sangatlah tinggi, sedangkan kalorinya rendah. Daging kelinci memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan anda.

Departemen agrikultur Amerika (United States Department of Agriculture) telah mengadakan riset tentang daging kelinci dan telah menyatakan bahwa daging kelinci adalah daging yang sehat untuk dimakan. Bahkan, USDA (United States Department of Agriculture) menyatakan bahwa daging kelinci adalah daging paling bergizi yang diketahui manusia.

Video Manfaat Daging Kelinci


Manfaat Daging Kelinci Lainnya

Manfaat daging kelinci lainnya (mitos, tetapi ada beberapa bukti yang menyatakan bahwa mitos ini benar) di antaranya adalah hati kelinci dapat menyembuhkan asma. Otak kelinci memiliki manfaat terhadap kesuburan wanita, dan daging kelinci juga dapat mendongkrak kejantanan seorang pria.

Daging kelinci dapat dijadikan diet bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol karena kolesterolnya yang rendah dan lemak tak jenuhnya yang cukup tinggi. Daging kelinci rendah akan kolesterol dan natrium sehingga baik untuk penderita masalah jantung, orang tua, dan obesitas.

Bagi Muslim yang tidak tahu, daging kelinci kadang dipertanyakan kehalalannya. Tetapi tenang saja, MUI (Majelis Ulama Indonesia) telah mengeluarkan pernyataan bahwa daging kelinci halal untuk dikonsumsi. Jika cara membunuh kelinci sudah sesuai dengan syariat, maka anda boleh mengkonsumsinya.

Dr. Yono C. Raharjo dari Balai Penelitian Ternak Ciawi, Bogor, mengatakan bahwa daging kelinci belum menjadi daging favorit di Indonesia walaupun nutrisi yang ada di dalamnya sangat baik bagi kesehatan. Fakta lain, daging kelinci terdiri atas daging putih yang rendah lemak dan memiliki kadar glikogen tinggi.

Pupuk dari Kelinci

Tidak hanya dagingnya, limbah dari kelinci pun baik, untuk pupuk. Limbah kelinci yang dikeringkan memiliki sekitar 2.3% nitrogen, 1.4% fosfor, dan 0.8% potasium. Nitrogen, fosfor, dan potasium ini adalah zat yang pada umumnya sangat banyak dibutuhkan tanaman agar dapat tumbuh dengan baik.

Djiman Santoso, sang jutawan kelinci dari Sleman Yogyakarta mengatakan bahwa harga pupuk kelinci adalah Rp 7500 per kg, sedangkan urin kelinci Rp 5000 per liter. Seratus ekor kelinci menghasilkan 25 kg kotoran basah per hari.

Tertarik akan manfaat daging kelinci?

About rowyna
Saya adalah orang yang menyenangi bahasan tentang kesehatan. Saya memang bukan dokter melainkan hanya seseorang yang ingin berbagi. Semoga tulisan-tulisan saya dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih :)

Comments

One Response to “Manfaat Daging Kelinci untuk Kesehatan”
  1. Nasi Goreng Kelinci says:

    Silahkan coba Nasigoreng Kelinci di
    KALIBATA CYTY TOWER BORNEO QIOZ BBM-10
    Muraah n Lezzy

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You might also likeclose