Kegunaan Tomat sebagai Solusi untuk Kanker, Mungkinkah?

Kegunaan Tomat untuk KesehatanTahukah Anda, bahwa kegunaan tomat sangatlah banyak? Kegunaan tomat di antaranya sebagai obat yang menyerang bakteri penyebab jerawat dan luka, penghambat penuaan dini, sampai menurunkan risiko kanker. Makan sebuah tomat setiap pagi, akan memperkaya antioksidan dalam tubuh Anda.

 Untuk pertama kalinya pada tahun 1834, kegunaan tomat diteliti oleh seorang dokter dari Wiloughby University, Ohio. Dalam penelitiannya, Dr. John Cook Bennet mengungkap, bahwa kegunaan tomat yaitu mengobati diare, serangan empedu, gangguan pencernaan, dan memulihkan fungsi lever. Tidak hanya itu, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Itulah kegunaan tomat dari hasil penelitian tahun 1934.

Zat Lycopene Tomat

Baru-baru ini Dr. Mridula Chopra dan timnya dari Universitas Portsmouth, menguji efek dari lycopene tomat, yakni zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. Dr. Chopra dan tim melakukan pengujian dalam sebuah mekanisme sederhana, di mana sel-sel kanker membajak suplai darah dan menyebarkannya dalam tubuh yang sehat. Hasil penelitian  mengungkap, bahwa lycopene tomat (lycopene adalah zat utama untuk kegunaan tomat melawan kanker) memiliki kemampuan menahan sel kanker dalam membuat jaringan dan menyerang suplai darah pada tubuh yang sehat.

Para peneliti menyerukan agar pengujian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengetahui apakah reaksi yang sama juga terjadi pada tubuh manusia. Meskipun lycopene terdapat juga dalam buah-buahan dan sayuran berwarna merah, namun kadar yang paling tinggi terdapat dalam tomat. Oleh karena itu, Dr. Chopra menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi tomat yang dimasak sebanyak 400 gram dalam 2 minggu, terbukti kadar lycopene dalam darah dan air mani meningkat secara signifikan. Kandungannya yang tinggi inilah yang memberikan kegunaan tomat melawan kanker.

Sel-sel kanker mencapai masa tidak aktif  selama bertahun-tahun sampai sekresi kimia memicu pertumbuhan mereka melalui kontak antara sel-sel kanker dengan sel endotel yang memungkinkan sel-sel kanker mencapai suplai darah. Dalam uji laboratorium terbukti bahwa lycopene dapat menghambat proses kontak tersebut sehingga pertumbuhan sel kanker terhambat. Asupan lycopene dalam tubuh yang lebih banyak terserap pada jaringan prostat, membuat peneliti menyimpulkan bahwa lycopene dalam darah ini kemungkinan dapat menghambat sel kanker prostat. Masih memerlukan pengujian mengenai jenis tomat terbaik untuk mencapai tujuan ini.

Para perokok aktif juga disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak tomat karena zat lycopene yang mampu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh perokok.

Peneliti senior di Cancer Research UK, Eleanor Barrie, mengatakan, “Beberapa obat kanker yang ada kini, menargetkan pembentukan pembuluh darah baru, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menolong para pasien kanker. Penelitian mengenai lycopene dalam tomat tidak serta merta memastikan bahwa lycopene sebagai obat pembunuh kanker, namun penelitian ini dapat membantu kita memahami bagaimana bahan kimia memengaruhi pembentukan pembuluh darah.” (dbs/ep)

Daerah Penghasil Tomat

Malang, Jawa Timur terkenal sebagai penghasil tomat terbesar di Indonesia, sementara di tingkat dunia, Taiwan merupakan penghasil tomat terbesar di dunia dengan kualitas yang baik. Namun tanaman tomat justru berasal dari Peru dan Ekuador, Amerika Selatan.

Kandungan dalam Tomat yang Memberikan Kegunaan Tomat

Kegunaan tomat di atas karena mengandung berbagai zat yang berguna bagi tubuh antara lain:

  • Protein
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Belerang
  • Vitamin A, B1, dan C
  • Betakaroten jenis likopen (hingga 50%)

Mari kita budayakan memakan buah tomat, terutama tomat organik agar kita dapat merasakan kegunaan tomat yang sangat banyak ini (salah satunya kegunaan tomat untuk melawan kanker, khususnya kanker prostat).

About rowyna
Saya adalah orang yang menyenangi bahasan tentang kesehatan. Saya memang bukan dokter melainkan hanya seseorang yang ingin berbagi. Semoga tulisan-tulisan saya dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih :)

Comments

One Response to “Kegunaan Tomat sebagai Solusi untuk Kanker, Mungkinkah?”
  1. Rachel says:

    This is cool!

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

You might also likeclose